18 Menteri Pendidikan Se-Asia Pasifik berkunjung ke Candi Borobudur

 Berita

Kamis (05/07/12) Sebanyak 18 Menteri Pendidikan Se-Asia Pasifik berkunjung ke Candi Borobudur.

mereka mengunjungi Candi Borobudur setelah melakukan pertemuan East Asia Summit membahas kerja sama bidang pendidikan antara negara maju dengan negara Asean, di Yogyakarta 3 -5 Juli 2012

Dalam kunjungannnya para rombongan menteri tidak datang secara bersamaan, beberapa menteri memilih untuk datang lebih awal. Rombongan dari Thailand yang pertama datang untuk mengunjungi Candi Borobudur dan berturut-turut rombongan dari Jepang, New Zealand, Malaysia, dan Amerika Serikat. Sedangkan rombongan terakhir adalah rombongan besar semua menteri yang tersisa, mereka lebih memilih untuk datang secara bersamaan.

Rombongan menteri pendidikan jepang mengungkapkan kekagumannya terhadap bangunan Candi Borobudur bagaimana teknik pengerjaannya, teknik sambungan dan relief cerita yang terdapat di dinding-dinding candi. selain itu dia juga sangat menikmati pemandangan dari atas Candi Borobudur.

Berbeda dengan rombongan dari Malaysia yang sangat ingin tahu mengenai dampak dan penanganan erupsi abu vulkanik Gunung Merapi terhadap Candi Borobudur. Mereka hampir tidak percaya jika candi yang dibangun sekitar tahun 800 masehi itu tertutup abu setebal ­+ 2,5 cm akibat letusan gunung merapi tahun 2010 lalu,mereka membayangkan betapa besar letusan tersebut.

Para rombongan nampak sangat menikmati kunjungannya di Candi Borobudur, mereka meninggalkan lokasi sekitar jam 17.15 bersamaan ditutupnya Candi Borobudur untuk pengunjung.

Related Posts