8th International Field School On Borobudur Saujana Heritage

 Berita

pmhungaria

Kamis (17/03/16) Pusat Pelestarian Pustaka Arsitektur, Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada melaksanakan diskusi dalam rangka8th International Field School On Borobudur Saujana Heritage  di Balai Konservasi Borobudur.

Diskusi ini dalam rangka mencermati perkembangan perencanaan terbaru tentang Candi Borobudur dan lingkungannya untuk mencoba melihat masa depan pusaka saujana Borobudur dalam perspektif pelestarian evolutif.

Dalam diskusi ini hadir narasumber Ketua Jurusan Arsitektur Kyoto University, Kiyoto Kanki dan Kepala Subdit Standardisasi dan Kelembagaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Ir. Firman Hatorangan Napitupulu, MURP.

Beberapa hal yang menjadi bahan dalam diskusi ini adalah tren pengembangan pariwisata di dunia yang sudah mengarah pada tren natural alamiah dan mulai menggeser pengembangan pariwisata dengan konsep membuat bangunan-bangunan baru yang dianggap out of date atau konvensional.

Diskusi ini diikuti para pemangku kepentingan di kawasan Borobudur, akademisi, pelestari cagar budaya dan tokoh masyarakat.

 

Related Posts