Bedah Film “Acces 360ᵒ World Heritage: Borobudur”

 Berita

WhatsApp-Image-20160531

Jum’at malam (27/05/16) suasana Benteng Vredeburg, Yogyakarta terasa berbeda dari malam-malam biasanya. Gambaran upaya pelestarian Candi Borobudur ditampilkan secara apik dalam film “Acces 360ᵒ World Heritage: Borobudur” yang diputar dihalaman benteng. Nampak tua muda bahkan anak-anak menikmati film karya National Geograpic yang berdurasi sekitar 45 menit.

Film “Acces 360ᵒ World Heritage: Borobudur” menceritakan mengenai berbagai permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh situs Warisan Dunia Borobudur. beberapa permasalahan yang dihadapi Candi Borobudur beberapa tahun terakhir ini adalah permasalah hujan abu vulkanik, iklim, dan manusia.

Dalam film tersebut juga diperlihatkan upaya pemasangan kepala arca Buddha mulai dari proses identifikasi hingga pemasangan pada tubuh arca. Salah satu hal yang menarik perhatian para penonton adalah fakta yang mengungkapkan bahwa salah satu ancaman terbesar dalam pelestarian Cagar Budaya adalah manusia itu sendiri.

Masih rendahnya kesadaran untuk menghormati sebuah situs dengan melanggar berbagai aturan yang telah ditetapkan seperti memanjat pada dinding candi, membuang sampah sembarangan, dan vandalisme.

WhatsApp-Image-20160531 (1)WhatsApp-Image-20160531 (2)

Bedah film diakhiri dengan diskusi mengenai upaya-upaya pelestarian yang saat ini dilakukan untuk menjaga situs-situs cagar budaya.

Related Posts