Bikers Ikut Aksi Bersih Candi Borobudur

 Berita

Sabtu (01/08/15) Para Bikers yang tergabung dalam Komunitas Harley Davidson mengikuti  aksi bersih Candi Borobudur yang diprakarsai Kiehl’s bekerja sama dengan Balai Konservasi Borobudur

dan UNESCO.Kegiatan yang bertemakan “Heritage Campaign” ini untuk mengkampanyekan kepedulian terhadap warisan budaya di Indonesia.

 

Aksi bersih candi yang diikuti sekitar 30 orang dibagi di beberapa lorong candi untuk membersihkan lumut yang menempel pada dinding-dinding candi. Mereka membersihkan dinding candi mengunakan alat-alat non logam seperti sikat, sapu lidi dan serok yang telah dipersiapkan petugas BK Borobudur.

Kepala Seksi Layanan Konservasi Iskandar  M. Siregar mengatakan bahwa melalui kegiatan bersih-bersih ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pelestarian cagar budaya.

“Banyak hal yang bisa dilakukan masyarakat untuk ikut serta dalam melestarikan cagar budaya” ungkap Iskandar.  “Sekalipun tidak ikut membersihkan paling tidak dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak merokok, tidak memanjat dinding-dinding candi sudah sangat berarti bagi pelestarian cagar budaya” tambahnya.

Artis ibukota Prisia Nasution juga nampak ikut dalam aksi bersih Candi Borobudur, tanpa malu-malu dia ikut membersihkan lumut yang menempel di dinding candi. Menurutnya mengikuti aksi bersih-bersih candi memberikan pengalaman dan kesan yang menarik baginya.

Prisia mengungkapkan bahwa menjadi sangat menghargai orang-orang yang setiap hari memelihara Candi Borobudur karena menurutnya memelihara candi tidak semudah apa yang dia pikirkan sebelumnya.

Related Posts