Bimbingan Teknis Manajemen Penanggulangan Bencana Pada Cagar Budaya

 Berita

 

Balai konservasi Borobudur bekerja sama dengan Pusat Studi Bencana Alam Universitas Gadjah mada (PSBA UGM) melaksanakan Bimbingan teknis manajemen penanggulangan bencana pada cagar budaya di Yogyakarta. Kegiatan ini melibatkan 52 peserta dari berbagi instansi di Indonesia dan berlangsung selama 12 hari 27 januari – 8 Februari 2013.

“Kondisi geografis wilayah Indonesia merupakan suatu potensi yang menyumbang keanekaragaman budaya. Namun demikian dibalik kondisi geografis yang menyimpan banyak potensi kebudayaan tersebut secara disadari maupun tidak terdapat ancaman kebencanaan yang wajib diperhitungkan ungkap Direktur Jenderal Kebudayaan Prof. Kacung Marijan, Drs, M.A, Ph.D.

“Berdasarkan data arkeologis maupun kesejarahan di nusantara telah memberikan gambaran kepada kita bahwa keletakan geografis tersebut mengandung aspek kebencanaan. Salah satu contohnya adalah pada tinggalan arkeologis di Jawa Tengan maupun Yogyakarta berupa percandian yang ditemukan dalam posisi yang berantakan strukturnya karena diterjang material vulkanik dari gunung api” tambahnya.

Menurut Prof. Kacung bencana alam tidak hanya disebabkan proses alamiah namun bencana yang terjadi akibat campur tangan manusia juga sering ditemui. Perlakuan terhadap alam yang tidak bijaksana dapat menyebabkan bencana alam seperti tanah longsor, banjir, dan kekeringan. Bencana yang disebabkan oleh kelalaian manuasia seperti kebakaran dan kegagalan teknologi juga sering terjadi.

Beliau berpesan dari berbagai pengalaman di atas maka selain jiwa manusia yang menjadi prioritas utama saat terjadi bencana, maka dalam bimbingan teknis kali ini, cagar budaya merupakan salah satu yang juga diprioritaskan. Cagar budaya mempunyai nilai yang sangat penting karena merupakan bukti otentik dari perjalanan kesejarahan khususnya di Indonesia sejak masa prasejarah. Cagar budaya merupakan salah satu aset penting yang harus dipertahankan, oleh karena itu upaya perlindungan cagar budaya harus menjadi prioritas..

 

Related Posts