BKP Borobudur Peringati HUT Purbakala ke-98

 Berita

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Purbakala ke-98 Balai Konservasi Peninggalan Borobudur mengadakan berbagai kegiatan, salah satunya apel pagi dan pemotongan tumpeng sebagai bentuk simbolis peringatan HUT Purbakala.

Bertempat di halaman kantor BKP Borobudur seluruh pegawai balai berkumpul dan berbaris mengikuti apel pagi, apel ini dipimpin langsung oleh Drs. Marsis Sutopo, M.Si selaku kepala BKP Borobudur. Beliau menyampaikan sambutan Direktur Jenderal Sejarah Dan Purbakala dalam rangka peringatan hari ulang tahun lembaga purbakala ke-98.

Dalam sambutan tertulisnya Dirjen Sejarah Dan Purbakala menyampaikan bahawa institusi purbakala yang berusia hampir 100 tahun harus mampu mensinergikan inisiatif pelestarian yang dilakukan pemangku kepentingan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemahaman tentang profit atau benefit tidak lagi dilihat dari kaca mata ekonomi tetapi lebih luas dari pada itu, yaitu membuat masyarakat dapat dikondisikan untuk memperoleh kemanfaatan dari kebudayaan, khususnya warisan budaya masa lalu terlebih dengan lahirnya Undang-undang Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya.

Banyak hal yang harus diperbaiki dalam institusi purbakala seperti masalah keorganisasian dari instansi yang mengurusi purbakala. Saat ini terlihat semakin kuatnya Pemerintah Daerah yang belum diikuti dengan meningkatnya perhatian terhadap pelestarian warisan budaya. Kenyataan ini perlu disikapi dengan bijak, khususnya kecepatan minat untuk memanfaatkan cagar budaya yang belum berjalan seimbang dengan upaya pelindungannya.

{besps}simpleslideshow/hut{/besps}

Selain itu salah satu pekerjaan rumah yang paling berat adalah membuat dunia purbakala semakin luas dikenal oleh masyarakat. Kebutuhan informasi ini merupakan peluang yang bisa dikembangkan untuk lebih mempopulerkan hasil pekerjaan di institusi purbakala, yang sesuai dengan tema Hari Ulang Tahun Purbakala ke-98 tahun ini, yaitu “Kepurbakalaan Untuk Masyarakat”.

Setelah apel pagi dilanjutkan dengan acara pemotongan tumpeng oleh Drs. Marsis Sutopo M.Si yang diserahkan kepada pegawai tertua dan termuda di BKP Borobudur. Selain apel pagi dan pemotongan tumpeng dalam memperingati HUT Purbakala, juga dilaksanakan berbagai kegitan seperti jalan sehat seluruh karyawan BKP Borobudur beserta undangan dari berbagai instansi di sekitar Candi Borobudur dan sosialisasi UU nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya kepada guru dan pelajar SLTA di wilayah Magelang beberapa waktu yang lalu. Beberapa kegiatan lain juga telah dipersiapkan seperti sosialisasi UU nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya kepada masyarakat dan LSM di Magelang dan penyuluhan kepurbakalaan untuk pelestarian Candi Borobudur terhadap guru dan pelajar SD-SMA di wilayah Kabupaten Magelang yang bertemakan ”Ayo Rawat Borobudur”.

Sambutan Direktur Jenderal Sejarah Dan Purbakala Dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Lembaga Purbakala Ke-98 dapat diunduh melalui link di bawah ini.


Related Posts