BKP BOROBUDUR TURUT ANDIL DALAM PAMERAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP “JASMERAH”

 Berita

 

Guna meningkatkan minat baca masyarakat, Badan Arsip dan Perpustakaan propinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Kantor Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten Magelang menyelenggarakan Pameran Perpustakaan dan Arsip se Jawa Tengah. Pameran yang bertemakan “JAS MERAH” (Jangan sekali-kali melupakan sejarah) tersebut berlangsung dari tanggal 25-28 Mei 2011 di gedung PDAM Kabupaten Magelang.

 

Bupati Magelang Ir.Singgih Sanyoto dalam pidato pembukaan pameran, menyampaikan beberapa hal diantara menyoroti minat baca masyarakat dan mengajak warga negara Indonesia hendaknya jangan pernah melupakan sejarah.

Dalam pameran tersebut Perpustakaan Balai Konservasi Peninggalan Borobudur ikut ambil bagian dalam pameran, dengan menampilkan sejumlah buku-buku koleksi yang berkaitan dengan kepurbakalaan, arsip-arsip yang berkaitan dengan pemugaran Candi Borobudur, dan hasil-hasil kajian Balai Konservasi Peninggalan Borobudur.

Salah satu yang menarik perhatian pengunjung adalah buku “ BARABUDUR yang berisi foto-foto Candi Borobudur sebelum pemugaran pertama karya NJ. Krom dan Th. Van Erp pada tahun 1920, buku ini diterbitkan di Belanda dengan jumlah terbatas dan hanya ada 2 di Indonesia. Bupati Magelang pun menyempatkan untuk melihat koleksi buku langka tersebut.

Selain itu pengunjung dapat memanfaatkan media layar sentuh dan internet untuk mengakses info lebih lanjut tentang Perpustakan Balai konservasi Peninggalan Borobudur yang beralamatkan di www.lib.konservasiborobudur.org.

Pada hari I (Rabu, 25 Mei 2011) pengunjung yang mengunjungi stand Balai Konservasi Peninggalan Borobudur tercatat sebanyak 150 orang. Dan sebagai daya tarik bagi pengunjung, dibagikan doorprize bagi pengunjung yang dapat menjawab kuis yang diberikan oleh pemandu stand BKP Borobudur.



Related Posts