Cagar Budaya Sebagai Mitra Pendidikan (4)

 Hasil Kajian & Artikel Cagar Budaya

Dalam kawasan Candi Borobudur juga terdapat Candi Mendut dan Pawon yang diperkirakan satu masa dengan Candi Borobudur. Kedua candi ini memiliki ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan Candi Borobudur, namun memiliki arti besar dalam kebudayaan bangsa Indonesia.

Selain bangunan candi, terdapat juga dua museum di zona II kawasan Borobudur yang akan memperkaya pengetahuan pengunjung terhadap Candi Borobudur. Dua museum tersebut adalah Museum Borobudur yang memiliki koleksi chattra rekonstruksi Th. van Erp pada pemugaran pertama pada tahun 1907-1911, patung Buddha, batu-batu Candi Borobudur yang belum dapat dipasang, koleksi foto tentang pemugaran, dan juga foto relief Karmawibhangga yang sekarang tersembunyi di kaki Candi Borobudur, dan juga Museum Kapal Samudraraksa berisikan koleksi tentang kebudayaan maritim Indonesia dari jaman pra-sejarah hingga saat ini.

Museum ini juga menyimpan replika kapal kayu yang dibuat berdasarkan relief Candi Borobudur yang bercandik ganda dengan layar sebagai penggerak yang telah digunakan menyusuri jalur kayu manis dari Indonesia hingga Ghana pada tahun 2003-2004, untuk menapak tilas perjalanan manusia nusantara pada abad ke-8 hingga ke benua Afrika.

Artikel Selanjutnya

Related Posts