CANDI BOROBUDUR DIBUKA KEMBALI UNTUK UMUM

 Berita

Setelah satu bulan lebih ditutup, obyek wisata Candi Borobudur dibuka kembali untuk kunjungan wisata pada Senin 20 Desember 2010.

Jika sebelumnya pengunjung hanya boleh masuk hingga halaman dan lantai I (undag), maka sejak hari ini pengunjung bisa naik sampai lantai VII. Sementara 3 lantai teratas belum bisa dikunjungi karena sedang ada pekerjaan pemeliharaan Candi Borobudur.

Sekitar pukul 11.00 WIB Drs. Marsis Sutopo, M.Si, Kepala Balai Konservasi Peninggalan Borobudur membuka pintu Timur sebagai tanda dibukanya kembali Candi Borobudur untuk umum. Hal ini sekaligus menandai berakhirnya kegiatan tanggap darurat pembersihan Candi Borobudur dari abu vulkanik akibat letusan Gunung Merapi beberapa waktu yang lalu. Kegiatan tanggap darurat ini melibatkan berbagai pihak yaitu pemerintah dalam hal ini Balai Konservasi Peninggalan Borobudur, masyarakat sekitar Candi Borobudur, relawan, serta pihak lain yang peduli pada pelestarian Candi Borobudur. Namun demikian beberapa pekerjaan lain yang berhubungan dengan penanganan Candi Borobudur sebagai akibat dari hujan abu vulkanik akan kembali dilanjutkan pada awal tahun depan.

Pengunjung yang kebetulan datang pada hari itu tampak antusias mengetahui mereka telah bisa menikmati sebagain besar keindahan Candi Borobudur. Sepasang turis asing yang berasal dari Brazil menjadi pengunjung pertama yang naik sampai lantai VII. Mereka nampak senang apalagi setelah mengetahui bahwa Candi Borobudur sebelumnya ditutup untuk umum selama satu bulan lebih. “Wonderful” ucap mereka.

Related Posts