CANDI BOROBUDUR KEMBALI DIGUYUR ABU VULKANIK MERAPI

 Berita

 

Pagi tanggal 5 November 2010 Candi borobudur tampak putih kehitaman, terkena campuran pasir hitam dan abu  vulkanik gunung merapi,

akibat letusan dahsyat yang terjadi jumat malam, jika sebelumnya ketebalan abu hanya dalam hitungan millimeter, kini telah mencapai sekitar 2,5 centimeter, dan tidak layak untuk kunjungan obyek wisata oleh karena itu Candi Borobudur di tutup total. Berbeda dengan penutupan sebelumya di mana wisatawan masih diperkenankan naik hingga ke lantai lorong 1 candi. Penutupan akan dilakukan sampai proses pembersihan tuntas dilaksanakan, diperkirakan membutuhkan waktu yang lama dan belum bisa ditentukan.

Guyuran abu vulkanik kali ini lebih parah dari sebelumya, karena tidak hanya Candi Borobudur yang terkena dampak letusan tersebut, akan tetapi abu tersebut juga menyebabkan beberapa pohon di sekitar Candi Borobudur ikut tumbang karena tidak kuat menahan beban abu yang menempel pada daun-daunnya.

Abu vulkanik yang memiliki tingkat keasaman tinggi dapat mengakibatkan dampak negatif terhadap Candi Borobudur. Oleh sebab itu pembersihan Candi Borobudur harus segera dilaksanakan, yang akan dikerjakan oleh Balai konservasi Peninggalan Candi Borobudur bekerja sama dengan beberapa pihak lain yang peduli pada pelestarian Candi Borobudur.(Ihwan-bkpb)

Related Posts