Diskusi Hasil Monitoring dan Evaluasi Candi Borobudur

 Berita

 

Setelah melaksanakan monitoring dan evaluasi Candi Borobudur tahun 2012, Selasa (07/05/13) Balai Konservasi Borobudur melaksanakan Diskusi Hasil Monitoring dan Evaluasi Candi Borobudur Tahun 2012 di hotel Tentrem Yogyakarta.

Diskusi tersebut untuk mendapatkan masukan dan evaluasi dari para narasumber yang berasal dari para akademisi dan purna tugas Balai Konservasi Borobudur.

Sebagai konsekuensi penetapan Candi Borobudur sebagai warisan dunia tahun 1991, Candi Borobudur wajib dilaksanakan monitoring dan evaluasi secara berkelanjutan yang dipantau oleh UNESCO. Monitoring dan evaluasi yang dilakukan antara lain Observasi keterawatan batu candi, stabilitas struktur Candi Borobudur, dampak lingkungan, geohidrologi, dan kawasan.

Kepala Balai Konservasi Borobudur Drs. Marsis Sutopo, M.Si dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada para narasumber yang datang pada Diskusi Hasil Monitoring dan Evaluasi Candi Borobudur ini. Besar harapan dari masukan dan evaluasi para peserta diskusi dan para narasumber agar hasil monitoring dan evaluasi tidak hanya sekedar berbentuk data mentah namun bisa diolah menjadi data yang lebih bermanfaat.

Kepala Balai juga menyampaikan bahwa kemarin beliau bersama Kementerian Pekerjaan Umum, Pemerintah Provinsi  Jawa Tengah, dan Pemerintah Kabupaten Magelang menggelar pertemuan yang membahas finalisasi Rancangan Peraturan Pemerintah dalam pelaksanaan Kawasan Strategis Nasional Borobudur .

Diskusi Hasil Monitoring dan Evaluasi Candi Borobudur Tahun 2012 di ikuti oleh 60 peserta yang berasal dari staf Balai Konservasi Borobudur, BPCB Yogyakarta dan Jawa Tengah, mahasiswa Universita Gadjah Mada, para akedemisi dan purna tugas Balai Konservasi Borobudur. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari 7-8 Mei 2013.

 

Related Posts