Edukasi Saka Widya Budaya Bakti

 Berita

Rabu, (31/01/18) Sebagai pembekalan awal bagi pengurus Saka Widya Budaya Bakti Kabupaten Magelang yang terdiri dari Majelis Pembimbing, Pimpinan Saka, Pamong, dan Instruktur serta staf Kwartir Cabang Kabupaten Magelang dilaksanakan Edukasi Saka Widya Budaya Bakti di ruang meeting Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang.

Edukasi Saka Widya Budaya Bakti menghadirkan Narasumber Sekretaris Pimpinan Saka Widya Budaya Bakti Kwartir Daerah Jawa Tengah Ahmad Istajib. Dia memaparkan materi mengenai tujuan gerakan pramuka yakni Membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

Selain itu dia juga menjelaskan mengenai prinsip dasar kepramukaan yakni Iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; Peduli terhadap bangsa dan tanah air, sesama hidup dan alam seisinya; Peduli terhadap diri pribadinya; dan Taat kepada Kode Kehormatan Pramuka.

Nantinya Para Pengurus Saka Widya Budaya Bakti Kabupaten Magelang akan mengenalkan Saka Widya Budaya Bakti kepada para anggota Pramuka Penegak dan Pandega se-Kabupaten Magelang dalam rangka peningkatan karakter bangsa serta menjadikan Pramuka sebagai agen pelestarian cagar budaya.

Related Posts