Ekskavasi Candi Mendut

 Berita

Untuk memperoleh data arkeologis di sekitar Candi Mendut, Balai Konservasi Borobudur melakukan ekskavasi di beberapa titik zona 1 Candi Mendut.

 

Ekskavasi ini menanggapi informasi dari juru pelihara Candi Mendut yang pernah menemukan temuan bata ketika melakukan penggalian kolam di halaman utara Candi Mendut.

Candi Mendut saat ini masih minim data-data arkeologi, dari beberapa literatur menyebutkan bahwa Candi Mendut dulunya berbahan candi bata yang kemudian ditutup dengan batu andesit seperti yang terlihat saat ini. Beberapa temuan disekitar Candi Mendut juga ditemukan artefak berbahan bata.

Melalui kegiatan ekskavasi ini diharapkan akan menambah data arkeologis di Candi Mendut dan menjadi jendela mengungkap peradaban masa lalu disekitar kawasan Candi Mendut.

Ekskavasi di Candi Mendut akan berlangsung sekitar lima hari 21-25 April 2014 yang melibatkan 9 orang dari Balai Konservasi Borobudur, 1 orang dari Balai Arkeologi Yogyakarta, 3 orang dari Jurusan Arkeologi UGM dan 8 tenaga lokal. Rencananya Penggalian dilakukan di sisi Utara, Barat, dan Tenggara Candi Mendut.


Related Posts