Fieldtrip S2 Ilmu perencanaan Wilayah IPB

 Berita

Untuk lebih mengenal permasalahan penataan dan perencanaan wilayah di Indonesia mahasiwa S2 Ilmu Perencanaan Wilayah (PWL) Institute Pertanian Bogor (IPB) melaksanakan Fieldtrip atau kunjungan lapangan.

Kunjungan dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia salah satunya di Borobudur yang sejak tahun 2008 kawasan Candi Borobudur dan sekitarnya telah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Nasional.

Sekitar 30 mahasiswa IPB tiba jam 10.30 dan ditemui langsung oleh Kepala Balai Konservasi Peninggalan Borobudur, Drs Marsis Sutopo Msi. Mereka diberi penjelasan mengenai masalah penataan Kawasan Strategis Nasional yang telah disusun oleh beberapa kementerian.

Kawasan Candi Borobudur dan sekitarnya telah Ditetapkan menjadi Kawasan Strategis Nasional melalui Peraturan Pemerintah No. 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional.

Selain itu Kepala Seksi Pelayanan Teknis Iskandar M. Siregar S.Si, memberikan presentasi mengenai teknis upaya pelestarian Candi Borobudur. Untuk pengelolaan pelestarian candi, BKP Borobudur selalu melakukan monitoring seperti monitoring kawasan, keterawatan batu candi, stabilitas struktur Candi Borobudur dan bukit, geohidrologi, dan lingkungan candi.

Setelah selesai mendapat pemaparan materi di ruang sidang Balai Konservasi Peninggalan Borobudur para mahasiswa diajak berkeliling Candi Borobudur. mereka diperlihatkan beberapa pekerjaan rutin yang selalu dikerjakan untuk pelestarian candi.

Related Posts