Gelar Pasukan Bersama Waisak 2556 BE / 2012

 Berita

Guna melakukan persiapan pengamanan waisak 2012 kepolisian resort magelang mengadakan gelar pasukan bersama di lapangan Gunadharma Candi Borobudur.

Dalam gelar pasukan pengamanan tersebut dihadiri sejumlah pejabat dearah dan perwakilan instansi yang terkait dengan pelaksanaan perayaan waisak.

Kapolres magelang AKBP Guritno Wibowo yang menjadi inspektur dan upacara menyampaikan bahwa gelar pasukan ini untuk melihat kesiapan aparat keamanan terkait perayaan waisak dan menyamakan persepsi sekaligus visi bagi seluruh anggota pengamanan di lapangan.

Dia meminta agar semua anggota yang terlibat bisa menjalin kebersamaan dan kerjasama yang optimal dalam upaya pengamanan.” Jangan jadikan rutinitas pengamanan seperti tahun lalu karena akan menjadikan lengah dan rutinitas yang tidak penting. Tingkatkan kewaspadaan, kesiaptanggapan. Bertindaklah secara tegas dan humanis untuk melakukan proses pengamanan,” ungkapnya.

Dalam pengamanan Waisak 255 BE / 2012 akan diterjunkan 1045 anggota pengamanan yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, Tim SAR, PMI, Satuan Pengamanan dari BKP Borobudur dan Unit PT. Taman Wisata Candi Borobudur juga beberapa elemen lainnya.

Sementara itu Balai Konservasi Peninggalan Borobudur juga telah mempersiapakan tenaga untuk ikut mengamankan pelaksanaan waisak yang dipusatkan di zona 1 Candi Borobudur. Selain mempersiapkan tenaga Satuan Pengamanan, BKP Borobudur juga mempersiapakan beberapa pengawas arkeologi untuk memantau pelaksanaan waisak di Candi Borobudur agar tidak memberikan dampak negatif terhadap bangunan candi dan lingkungannya.

Puncak pelaksanaan perayaan Waisak 255 BE /2012 akan dilaksanakan pada tanggal 6 Mei di Candi Borobudur. Upacara diawali Candi Mendut kemudian melakukan arak-arakan menuju Candi Borobudur. Upacara diawali dari Candi Mendut kemudian melakukan arak-arakan menuju Candi Borobudur.

Related Posts