Halal Bihalal Idul Fitri 1435 H

 Berita

Kamis (08/08/14) Balai Konservasi Borobudur menyelenggarakan Halal Bihalal bersama dalam rangka memperingati hari raya Idul Fitri 1435 H.

 

Acara tersebut menjadi ajang silaturahmi antara para karyawan, purna tugas, ibu-ibu dharma wanita di lingkungan BK Borobudur dan beberapa Instansi pemerintah dan swasta di Borobudur.

Acara di awali dengan pembacaan lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an oleh Muhammad Safiq dan Aulia Putri yang dilanjutkan sambutan dari Kepala BK Borobudur Marsis Sutopo . Marsis mengatakan bahwa tradisi halal bi halal merupakan tradisi unik di Indonesia, tradisi ini memunculkan tradisi mudik yang setiap tahun diikuti jutaan orang di Indonesia.

“Masyarakat Indonesia menganggap bahwa bermaaf-maafan tidak lengkap jika tidak langsung bertemu dengan orangnya” Ungkap Marsis. Bahkan setiap tahun ratusan orang meninggal dunia akibat kecelakaan ketika perjalanan mudik lebaran.

acara Halal Bihalal dilanjutkan dengan acara berjabat tangan antar semua peserta yang hadir dalam acara tersebut. Rangkaian peserta yang berjumlah ratusan orang membuat lorong-lorong di kantor BK Borobudur menjadi meriah dan penuh rasa kekeluargaan. Para peserta halal bi halal membuat barisan dan bergilir saling bermaaf-maafan disepanjang lorong.

Acara utama yaitu tausyiah oleh HM Zaenal Arifin, beliau menyampaikan pentingnya menjaga tali silaturahmi. Selain membuka banyak pintu rejeki, menjalin tali silaturahmi juga bisa memperpanjang usia.

Dia menceritakan bahwa Nabi Ibrahim pernah bertemu dengan Malaikat Izrail yang memberi tahu bahwa tetangganya yang berada di ujung jalan akan meninggal 2 hari lagi. Mendengar kabar itu Nabi Ibrahim mengabarkan kepada seorang wanita tua yang tinggal di ujung jalan bahwa dia akan meninggal 2 hari lagi, namun alangkah terkejutnya Nabi Ibrahim yang melihat raut wajah bahagia mendengar kabar tersebut.

Dengan penuh semangat wanita tua itu bersilaturahmi ke semua orang dan meminta maaf atas segala kesalahan. Namun setelah 4 hari Nabi Ibrahim masih melihat wanita tua itu di kampung, Nabi lantas menanyakan kepada Malaikat Izrail mengapa hal itu bisa terjadi. Malaikat Izrail mengatakan bahwa salah satu kelebihan menyambung silaturahmi adalah memperpanjang usia.

Zaenal Arifin menegaskan barang siapa ingin memiliki usia yang panjang maka harus senantiasa menjaga tali silaturahmi dengan sesama manusia.

Acara halal bihalal diakhiri dengan kesan dan pesan dari para purna tugas dan dilajutkan dengan makan bersama.

Related Posts