Monday 25th September 2017

INDONESIA KAGYU MONLAM KE-3 DI CANDI BOROBUDUR

 Berita

Pada tahun ini, KAGYU MONLAM CHENMO kembali dilaksanakan di lapangan Lumbini Candi Borobudur yang merupakan Candi Budha dengan mandala terbesar di dunia bagi pemeluk agama Buddha. Tahun ini merupakan tahun ke-3 Kegiatan Kagyu Monlam Chenmo dilaksanakan di Candi Borobudur yang memiliki keistimewaan sebagai candi Budha yang berbentuk mandala. Mandala berfungsi untuk menguatkan, menyempurnakan dan memperbanyak persembahan segala persembahan menjadi seluas alam semesta dan tak ada habisnya.
Monlam terdiri dari 2 kata Mon yang berarti aspirasi dan Lam yang memiliki makna Jalan. Jadi monlam adalah jalan untuk melakukan aspirasi agung yang berarti cara untuk mempraktekkan Dharma berdasarkan bodhicitta dengan tujuan akhir untuk mencapai ke-Buddhaan demi pencerahan dan kebahagiaan semua makhluk.
Aktivitas Kagyu Monlam Chenmo diadakan selama 3 hari dari tanggal 22-24 April 2011 dan dipimpin oleh Karma Khenchen Rinpoche Keempat, Karma Shenpen Chokyi Dawa. Kegiatan ini akan dimulai jum’at pagi 22 April 2011 pukul 06.00 dan dihadiri oleh lebih dari 3 Rinpoche (Guru besar) dan 20 Lama (Sangha) untuk bersama-sama mengambil 8 sila (Attasila) melafalkan mantra dan paritta suci seperti berlindung pada Tri Ratna, aspirasi agung Samathabadra, Prajnaparamita Sutra, doa aspirasi Sukhavati dan berbagai pemberkahan suci untuk meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan semua makhluk.
Rinpoche akan membabarkan Dharma yang sangat berharga, melaksanakan puja, persembahan api suci (Homa), memimpin pradaksina di mandala Borobudur serta melakukan puja pelimpahan jasa bagi leluhur (Patidana) dan semua makhluk. Dipenghujung acara, seluruh peserta akan menyalakan pelita pengharapan dan mengungkapkan harapan masing-masing disertai pujian kepada Tri Ratna di hadapan mandala Borobudur.

Detail acara dapat di lihat di http://www.kagyumonlam.or.id/id/acara.html

Related Posts