Kampanye Peduli Pelestarian Cagar Budaya

 Berita

ec4f328e-482a-40c6-8f56-4a43d8d6fa3d

Minggu (10/04/16) Balai Konservasi Borobudur bekerjasama dengan Komunitas Yogyakarta Night at the Museum melaksanakan Kampanye Peduli Pelestarian Cagar Budaya. Kegiatan yang dilaksanakan di Candi Borobudur ini melibatkan anak-anak panti asuhan di Yogyakarta dan Komunitas Celengan Berbagi.

Kegiatan Kampanye Peduli Pelestarian Cagar Budaya diawali kunjungan ke Studio Sejarah Restorasi Candi Borobudur, rombongan dijelaskan mengenai sejarah, koleksi artefak hingga peralatan-peralatan yang dahulu digunakan dalam pemugaran Candi Borobudur yang kedua. Selain itu para peserta kampanye juga dijelaskan mengenai pentingnya melestarikan cagar budaya agar kelak masih bisa dinikmati oleh generasi yang akan datang.

Para peserta kampanye yang terbagi dalam beberapa kelompok diberi penjelasan dan arahan mengenai aksi kampanye peduli pelestarian cagar budaya. Mereka diharuskan membuat poster kampanye mengenai apa yang harus dilakukan untuk melestarikan Candi Borobudur dan apa yang tidak boleh dilakukan di Candi Borobudur.

Mereka diberi kebebasan untuk mengkreasikan poster kampanye agar terlihat lebih menarik dan atraktif. Para peserta kampanye kemudian berkeliling Candi Borobudur untuk mensosialisasikan poster yang telah mereka buat kepada para pengunjung candi.

1cb714d5-de9b-406d-82f4-64b1746797e4

Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan ini akan memunculkan bibit-bibit pelestari cagar budaya sekaligus menumbuhkan kesadaran kepada para pengunjung candi agar lebih menghargai dan ikut melestariakan cagar budaya.

Related Posts