Kearsitekturan Candi Bororbudur

 Berita

Buku kearsitekturan Candi Borobudur bertujuan untuk memberikan informasi mengenai Candi Borobudur dari segi kearsitekturannya. Struktur candi memiliki keunikan yang tersusun atas 10 teras berundak, terdiri dari tujuh lantai bersegi empat dan tiga lantai berdenah lingkaran dengan stupa induk ditengahnya.

Buku ini di bagi dalam 8 bab pembahasan. Pada bab 1 berisi mengenai sejarah Candi Borobudur yang dibangun oleh Dinasti Syailendra pada abad ke 8 hingga sejarah pemugaran Candi Borobudur yang kedua. Pada bab 2 dan 3 disajikan denah dan transformasi desain candi yang diperkirakan dibangun dalam 5 tahap. Bab 4 dipaparkan penjelasan mengenai kosmologi Candi Borobudur yang terbagi dalam 3 bagian Kamadhatu, Rupadhatu dan Arupadhatu. Bab 5 dan 6 dijelaskan mengenai elemen-elemen stupa candi dan teknik sambungan yang digunakan pada Candi Borobudur. bab 7 dan 8 menjelaskan bagaimana membaca peletakan Candi Borobudur dan penutup.

Buku Kearsitekturan Candi Borobudur merupakan bagian dari buku seri penerbitan candi Borobudur yang ke-3. Buku ini menambah pustaka buku-buku mengenai rahasia di balik Candi Borobudur dan memberikan wawasan bagi mahasiswa, peneliti, maupun masyarakat luas untuk memahami Candi Borobudur dari segi kearsitekturannya.

Pembahasan selengkapnya silahkan bankdata.konservasiborobudur.org

 

Related Posts