Kelas Heritage “Merawat Borobudur”

 Berita

IMG_3035_800x450

Minggu (29/05/16) Balai Konservasi Borobudur bekerja sama dengan Komunitas Yogyakarta Night at The Museum menyelenggarakan kegiatan puncak “Aksi Untuk Borobudur” berupa Kelas Heritage yang bertemakan “Merawat Borobudur”.

Kelas Heritage merupakan salah satu kegiatan berupa pengenalan situs cagra budaya dengan langsung berkunjung ke situsnya untuk mempelajari sejarah beserta upay-upaya pelestariannya. Salah satu materi khusus dalam kegiatan ini adalah aksi bersih candi dimana setiap peserta melakukan pembersihan mikroorganisme menggunkan peralatan sederhana sperti sapu lidi, sikat ijuk, serok dan ember.

Simulasi aksi bersih candi di Candi Borobudur dipandu dan diawasi secara langsung oleh staf Kelopmpok Kerja Pemeliharaan BK Borobudur. Para peserta diajarkan bagaimana melakukan pembersihan kering terhadap mikroorganisme yang terdapat pada batuan candi.

IMG_3027_800x450IMG_3022_800x450

Peserta kelas heritage berasal dari berbagai wilayah di Jawa Tengah dan Yogyakarta bahkan sebagian berasal dari China, Afganistan, India, dan Afrika yang sedang menyelesaikan studi di Indonesia.

Related Posts