Kerja Bakti Bersama Purna Tugas BKP Borobudur

 Berita

Mendung yang menyelimuti kawasan candi borobudur tidak mengurangi semangat para purna tugas pemugaran yang sejak pagi telah berkumpul di halaman Balai Konservasi Peninggalan Borobudur.

Mereka sengaja berkumpul untuk bergotong royong membersihkan Candi Borobudur sekaligus menjadikannya ajang nostalgia mengenang masa lalu mereka.

 

Kerja bakti dibuka oleh kepala BKP Borobudur, Drs. Marsis Sutopo, M.Si. Beliau menceritakan beberapa perubahan yang terjadi di Candi Borobudur. seperti penambahan kamera CCTV untuk mempermudah pengelolaan pengamanan candi bahkan kini Candi Borobudur dapat dipantau langsung dari Mabes Polri melalui CCTV yang di pasang di sebelah timur candi.

Selain itu ada penambahan monumen abu untuk mengenang peristiwa erupsi Gunung Merapi yang menyelimuti Candi Borobudur 2010 silam.


Beliau berharap kegiatan berja bakti bersama ini menjadi salah satu wadah penyambung silaturahmi bukan hanya antara para pensiunan pemugaran saja akan tetapi juga dengan para pegawai BKP Borobudur yang masih aktif saat ini.

Salah satu peserta kerja bakti, Pak Mudiyono mengaku merasa senang dengan kegiatan kerja bakti bersama ini, selain masih bisa ikut dalam upaya pelestarian candi dia bisa mengenang masa lalunya sewaktu pemugaran dan berjumpa dengan sahabat-sahabat lamanya.

“ Kami sangat senang bisa berkumpul kembali setelah sekian lama tidak pernah bertemu, nostalgia ini menjadi salah satu obat mengatasi kebosanannya dihari tua. Ungkap Pak Mudiyono.

Hal senada juga dikatakan oleh Pak Basuki yang sejak tahun 1973 telah bergabung dalam proyek pemugaran, dia bahkan merasa senang dengan kondisi candi saat ini yang terlihat lebih bersih dan tertata.

“Senang rasanya bisa kembali lagi kesini dan berkumpul dengan kawan-kawan lama, saya merasa bangga candi yang dulu kita pugar bisa tetap terjaga kondisinya dan masih terlihat kokoh hingga kini”

Selain acara kerja bakti panitia juga menggelar tumpengan sebagai wujud kebersamaan dalam upaya pelestarian Candi Borobudur. para purna tugas dan karyawan BKP Borobudur nampak berbaur dalam suasana akrab penuh kekeluargaan.


Related Posts