Kerja sama Jerman, Indonesia, dan UNESCO untuk Borobudur

 Berita

 

(03/07/13) Setelah memulai kerja sama dalam konservasi cagar budaya candi Borobudur pemerintah Republik Federal  Jerman melalui UNESCO kembali menyalurkan dana sebesar  € 134,000 untuk melanjutkan kegiatan penelitian, konservasi, dan pelatihan tenaga ahli di candi Borobudur.

Hal ini merupakan salah satu wujud kepedulian pemerintah Jerman terhadap upaya pemerintah Indonesia dalam melestarikan situs warisan dunia candi Borobudur.

 

Perjanjian kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan antara pemerintah Jerman dengan UNESCO di halaman barat candi Borobudur yang disaksikan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan Prof.Ir. Wiendu Nuryanti, M.Arch.,Ph.D. selain itu hadir juga Kepala Balai Konservasi Borobudur, Direktur PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang.

Dalam kesempatan itu ibu Wiendu Nuryanti mengatakan bahwa Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan telah melakukan sejulah kegiatan konservasi di candi Borobudur  yang bertujuan untuk menjamin kelestarian jangka panjang candi. Beliau sangat mengapresiasi bantuan dari pemerintah Jerman dan akan memanfaatkan untuk mendukung upaya-upaya konservasi candi serta berharap menjadikan hubungan yang lebih kuat antara Indonesia, Jerman dan UNESCO pada kegiatan-kegiatan konservasi dimasa mendatang.

Wakil Duta Besar Republik Federal Jerman Mrs. Heirun Temple untuk Indonesia menyampaikan bahwa dia sangat senang atas kesempatan berkunjung di candi Borobudur, dia tidak hanya kagum akan keindahan bangunan candi tetapi juga upaya konservasi yang digiatkan oleh staf Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara terus menerus demi pelestarian candi Borobudur. melalui dukungan ini dia berharap bukan hanya mampu melestarikan candi bagi generasi mendatang juga memperkuat kerja sama antara dua Negara dan UNESCO.

Direktur UNESCO Jakarta Mr. Hubert Gijzen menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada pemerintah Indonesia terutama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Balai Konservasi Borobudur atas dedikasi, komitmen dan kerja kerasnya dalam melindungi dan melestarikan candi Bororbudur. Dia juga berterima kasih kepada pemerintah Jerman atas dukungan finansial untuk penelitian dan kegiatan konservasi di situs warisan dunia candi Borobudur, banyak hal positif yang telah di dapat dari kegiatan ini dan berharap kerja sama ini dapat terus terjalin.

Related Posts