Kunjungan Delegasi Sekolah Menengah Sains Perempuan Negeri Sembilan Serambi Malaysia

 Berita

IMG_5687_800x533

Rabu, (01/06/16) Sekolah Menengah Sains Perempuan Negeri Sembilan Serambi Malaysia yang bekerja sama dengan SMP Muhammadiyah Borobudur dalam pertukaran pelajar melaksanakan kunjungan ke kantor Balai Konservasi Borobudur. Kunjungan ini dalam rangka penambahan wawasan mengenai pemugaran dan sejarah Candi Borobudur.

Rombongan Siswi Sekolah Menengah Sains Perempuan Negeri Sembilan Serambi Malaysia disambut Kepala Seksi Konservasi, Iskandar M. Siregar. Dalam sambutannya Iskandar berharap para siswa pertukaran ini dapat memperoleh wawasan dan menyerap ilmu terutama mengenai sejarah, proses pemugaran, dan upaya-upaya pelestarian terhadap Candi Borobudur.IMG_5702_800x533

Rombongan kemudian diajak ke Studio Sejarah Restorasi Candi Borobudur untuk diberi penjelasan mengenai sejarah pembangunan, arsitektur, hingga pelestarian yang dilakukan hingga saat ini. Para pelajar pertukaran ini sangat antusias melihat berbagai peralatan yang dahulu digunakan pada proses pemugaran yang kedua.

Rombongan siswa kemudian diajak berkeliling Candi Borobudur untuk melihat secara langsung peninggalan Dinasti Syailendra ini. Di candi mereka diterangkan mengenai sejarah, bagian-bagian candi, cerita dibalik relief candi hingga kegiatan-kegiatan dalam rangka pelestarian cagar budaya.

Related Posts