KUNJUNGAN DIREKTUR UNESCO OFFICE JAKARTA

 Berita

Pada tanggal 14 Januari 2011 kemarin Direktur UNESCO Office Jakarta Mr. Hubert Gijzen berkunjung ke Candi Borobudur untuk memantau secara langsung kegiatan pembersihan Candi yang dilakukan relawan Unesco.

Pada saat jamuan makan siang di Pendopo Hotel Manohara, Taman Wisata Candi Borobudur, di dampingi oleh Koordinator tim relawan Unesco dan Pejabat di lingkungan Balai Konservasi Peninggalan Borobudur, Mr. Hubert menyampaikan beberapa hal terkait dengan agenda pembersihan Candi.

Dilanjutkan dengan kunjungan di Candi borobudur, beberapa kali beliau menyapa dan mengucapkan terima kasih kepada para relawan, karyawan Balai Konservasi Peninggalan Borobudur yang sedang melakukan pembersihan candi.

Disela-sela kunjungan ke Candi Bobudur beliau juga menyempatkan diri untuk menyampaikan beberapa hal kepada relawan UNESCO yang pada saat itu sedang berada di halaman Barat Candi Borobudur untuk istirahat siang. Beliau mengatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk pembersihan candi, tapi dampak upaya pelestarian ini nantinya bisa dirasakan sampai ratusan tahun ke depan.

Di samping itu beliau juga mengatakan, dampak wisata di kawasan Magelang dan Yogyakarta sangat berpengaruh terhadapat lapangan kerja khususnya di bidang industri pariwisata, nampak jelas efek negatifnya sejak aktifitas Gunung Merapi meningkat, puluhan pekerja, pedagang, juru foto, harus terhenti bekerja dan otomatis perputaran roda perekonomian mereka nyaris berhenti.

Acara dilanjutkan dengan berfoto bersama relawan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung pembersihan cagar budaya ini.

Related Posts