Kunjungan Direktur World Heritage Centre UNESCO ke Borobudur

 Berita

Selasa (25/09/12) Direktur World Heritage Centre UNESCO, Mr. Kishore Rao berkunjung ke Candi Borobudur. Kunjungan tersebut merupakan rangkaian lawatannya ke beberapa Warisan Budaya Dunia di Indonesia.

Sehari sebelumnya Mr. Kishore Rao menghadiri perayaan diakuinya Lansekap Budaya Bali sebagai Warisan Budaya Dunia bersama menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh.

Rombongan tiba sekitar pukul 09.00 Wib bersama Kepala Unit Budaya Kantor UNESCO Jakarta, Mr. Masanori Nagaoka. Rombongan diterima langsung oleh Kepala Balai Konservasi Borobudur Drs. Marsis Sutopo, M.Si yang langsung diajak berkeliling candi.

Kishore Rao banyak menanyakan mengenai management visitor (pengaturan pengunjung) di Candi Borobudur, dengan cukup teliti beliau melihat-lihat papan informasi, alur pengunjung hingga signage yang berada di Candi Borobudur. Beliau menyarankan agar signage yang berada di atas candi untuk lebih diperjelas.

Pria yang mengawali karir di UNESCO pada tahun 2005 ini nampak antusias berkeliling candi dan mengabadikan relief-relief candi.

Selain ke Candi Borobudur, rombongan juga diajak ke Museum Kapal Samudra Raksa dan Museum Borobudur. Menurut beliau lebih baik museum berada di depan sebelum para pengunjung naik ke sebuah situs, sehingga ketika di atas candi pengunjung sudah memiliki gambaran mengenai apa yang akan mereka dilihat.

Related Posts