Kunjungan Edukasi SMP Negeri 1 Candimulyo

 Berita

Rabu (14/03/18) Ratusan siswa siswi SMP Negeri 1 Candimulyo, Magelang, Jawa Tengah melaksanakan Kunjungan Edukasi di Balai Konservasi Borobudur. Kegiatan ini merupakan salah satu agenda dalam Perkemahan pangkalan SMP Negeri 1 Candimulyo untuk pengenalan Cagar Budaya Candi Borobudur.

Para siswa yang dibagi dalam 6 kelompok dipandu oleh Edukator dari Balai Konservasi Borobudur untuk melaksanakan kunjungan edukasi ke Studio Sejarah Restorasi Candi Borobudur, Laboratorium Konservasi, dan ruang penyimpanan artefak. Di Studio Sejarah Restorasi Candi Borobudur mereka diajak untuk berkeliling melihat koleksi peralatan yang digunakan dalam pemugaran Candi Borobudur yang kedua. Setelah itu para siswa diajak melihat berbagai fasilitas yang terdapat di BK Borobudur seperti laboratorium lapangan, kimia, biologi, fisik, SEM, dan ruang Arsip Pemugaran Candi Borobudur yang kedua yang saat ini telah ditetapkan sebagai Memory of the World Oleh UNESCO.

Para siswa juga diajak berkeliling melihat berbagai artefak yang ditemukan disekitar Candi Borobudur. Diharapkan dengan pelaksanaan kunjungan edukasi cagar budaya dapat meningkatkan wawasan kebudayaan para siswa untuk memperkuat jati diri bangsa.

 

Related Posts