Kunjungan Kebudayaan SD Kristen Kalam Kudus Surakarta

 Berita

IMG_5175_800x533Kamis (31/03/16) Ratusan siswa siswi SD Kristen Kalam Kudus Surakarta melaksanakan kunjungan kebudayaan di Balai Konservasi Borobudur. Kegiatan ini dalam rangka mendidik, mengarahkan, dan memberi wawasan keilmuan dan kebudayaan Indonesia kepada para siswa.

Para siswa diajak mengeksplorasi Studio Sejarah Restorasi Candi Borobudur. Mereka dijelaskan mengenai sejarah Candi Borobudur hingga koleksi peralatan yang digunakan dalam pemugaran Candi Borobudur yang kedua seperti peralatan dokumentasi, tekno arkeologi, chemico arkeologi, dan artefak yang ditemukan disekitar Candi Borobudur.

Rombongan siswa SD Kalam Kudus kemudian diajak berkeliling kantor BK Borobudur, mereka dijelaskan mengenai percandian yang ada diIndonesia yang beberapa contoh replikanya ada di Kantor BK Borobudur. Replika candi tersebut sering digunakan sebagai alat peraga untuk pelatihan pemugaran dan konservasi cagar budaya.

Para siswa kemudian diajak ke Candi Borobudur untuk melihat secara langsung peninggalan Dinasti Syailendra ini. Di Candi mereka diterangkan mengenai bagian-bagian candi dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk melestarikan Candi Borobudur.

Related Posts