Kunjungan Kerja Dewan Perwakilan Daerah Di Borobudur

 Berita

Selasa (28/06/11) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Komite II yang salah satunya membidangi pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan pekerjaan umum melakukan kunjungan kerja di Candi Borobudur. Mereka meninjau langsung infrastruktur pendukung Candi Borobudur pasca letusan gunung Merapi beberapa waktu yang lalu.

Rombongan DPD RI di sambut langsung oleh Kepala BKP Borobudur Drs. Marsis Sutopo, M.Si di halaman Candi Borobudur. Kunjungan ini merupakan rangkaian kunjungan kerja ke beberapa wilayah di Jawa Tengah untuk melihat secara langsung infrastuktur pendukung obyek pariwisata.

Candi Borobudur menjadi obyek yang mendapat perhatian serius karena Borobudur menjadi salah satu warisan budaya dunia Indonesia yang memiliki potensi pariwisata yang sangat besar ungkap GKR. Ayu Koes Indriyah, Anggota DPD RI daerah pemilihan Jawa Tengah. “Borobudur sebagai aset pariwisata Indonesia harus dijaga kelestariannya sehingga infrastuktur yang mengganggu kelancaran akses harus segera ditangani”. Menurutnya suatu obyek pariwisata yang baik yang mampu memberikan manfaat secara ekonomi bagi masyarakat harus didukung dengan infrastruktur yang baik pula seperti jalan raya yang menjadi akses utama.

Hal senada diungkapkan oleh Mursyid, Wakil Ketua Ketua Komite II DPD RI, dia mengungkapkan bahwa akses jalan raya menuju Candi Borobudur perlu mendapat perhatian serius terlebih dengan adanya ancaman lahar dingin dari gunung Merapi yang mengakibatkan rusaknya beberapa jembatan. Dia menyarankan untuk membuat jembatan yang lebih panjang yang rencananya dibangun di daerah Desa Gempol Kabupaten Magelang untuk antisipasi turunnya lahar dingin. “ kita kan nggak tahu lahar dingin akan turun seberapa besar apalagi gunung Merapi masih sangat aktif sehingga perlu antisipasi yang lebih serius” tambah anggota DPD RI asal Aceh ini.

Related Posts