Kunjungan Menteri Pertahanan Belanda

 Berita

Jum’at (21/04/14) Menteri Pertahanan Kerajaan Belanda Jeanine Hennis Plasschaert melakukan kunjungan ke Candi Borobudur. Kunjungan ini merupakan rangkaian Kunjungan Kerja Menteri Pertahanan Negeri Kincir Angin ke Indonesia.

Jeanine Hennis Plasschaert sengaja datang ke Candi Borobudur pada pukul 04.30 WIB untuk menikmati sunrise dari atas candi. Di damping staf dari Balai Konservasi Borobudur rombongan langsung naik ke monument candi dan berkeliling distupa teras.

Menteri Pertahanan Kerajaan Belanda sempat bertanya mengenai stupa di Candi Borobudur yang dipercaya bisa memberi keberuntungan jika memegangnya. Staf dari BK Borobudur kemudian menunjukkannya namun segera meluruskan informasi yang benar mengenai mitos tersebut. Selain kepercayaan memegang stupa itu hanya mitos, sekarang kegiatan tersebut dilarang untuk upaya pelestarian candi karena beberapa bagian stupa menjadi aus akibat sering diinjak dan dipegang.

Jeanine Hennis Plasschaert sangat menikmati sunrise di atas monumen, dia mengatakan bahwa udaranya sangat segar dan pemandangannya sangat indah. Dalam rombongan tersebut juga didampingi Duta Besar Belanda untuk Indonesia Tjeerd de Zwaan dan staf dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Related Posts