Kunjungan “PADAT” ke Balai Konservasi Borobudur

 Berita

Senin (11/03/13) Perbadanan Adat Melayu dan Warisan Negeri Selangor (PADAT), Malaysia melakukan kunjungan ke Balai Konservasi Borobudur.

Kunjungan ini dalam rangka mempelajari konservasi yang dilakukan di Candi Borobudur sejak pemugaran kedua hingga saat ini sekaligus penjajakan kerjasama di bidang konservasi.

Rombongan PADAT yang dipimpin oleh Ketua Pegawai Eksekutif Puan Azlinda Asman disambut Kepala BK Borobudur, Drs. Marsis Sutopo, M.Si. di ruang sidang BK Borobudur. Puan Azlinda mengatakan bahwa tujuan mereka melakukan lawatan ialah untuk mengetahui teknik-teknik konservasi yang telah dilakukan di Candi Borobudur, sejak pemugaran yang kedua hingga sekarang. Dalam kesempatan itu pula dia menyampaikan niatannya untuk melakukan kerjasama terutama dalam pengembangan SDM di bidang konservasi.

Kepala Balai Konservasi Borobudur menyambut baik niat rombongan dari Malaysia ini, dia menyampaikan bahwa BK Borobudur memang setiap tahun selalu melakukan berbagai pelatihan tenaga teknis di bidang Pelestarian Cagar Budaya. Pelatihan yang dilakukan antara lain Pelatihan Konservasi, Pemugaran, Dokumentasi dan Satuan Pengaman Warisan Dunia, selain itu BK Borobudur juga akan membuat Pelatihan Manajemen Warisan Dunia. Kepala BK Borobudur menambahkan bahwa pada tahun 2009 terdapat peserta pelatihan dari Kamboja dan Thailand, di tahun 2011 juga ada kerjasama dengan Palestina.

Selain berdiskusi dan paparan materi di ruangan, rombongan dari Malaysia diperlihatkan laboratorium di BK Borobudur yaitu Mikrobiologi, Fisik, Kimia, dan SEM (Scanning Electron Microscope), setelah itu mereka diajak berkeliling ke Studio Sejarah Restorasi Candi Borobudur dan Candi Borobudur.

 

Related Posts