Kunjungan Panglima Angkatan Bersenjata Australia di Borobudur

 Berita

 

Selasa (20/11/12) Panglima Angkatan Bersenjata Australia Lieutenant General David Hurley berkunjung ke Candi Borobudur.

Dalam kunjungannya yang pertama ini, dia mengaku sangat terkesan dan tertarik dengan kearsitekturan Candi Borobudur. menurutnya teknik penyambungan antar batu candi yang tidak menggunakan semen sangatlah unik.

 

David Hurley berkunjung bersama istrinya Linda Hurley dan didampingi oleh Pangdam Diponegoro Mayjen TNI Hardiono Saroso. Selama di Candi Borobudur mereka didamping oleh staf Balai Konservasi Borobudur Mura Aristina yang memberikan penjelasan mengenai sejarah, kearsitekturan, hingga pelestarian Candi Borobudur yang dilakukan saat ini.

Selain berkeliling melihat relief candi, panglima militer Australia ini diajak untuk melihat pembongkaran dinding candi yang sedang dilakukan Balai Konservasi Borobudur. pembongkaran dilakukan untuk menangani kebocoran dinding agar air tidak keluar dari celah-celah relief candi.

David Hurley mengaku sangat tertarik dengan teknik pembangunan Candi Borobudur yang tidak menggunakan semen, dia kagum dengan nenek moyang bangsa Indonesia yang bisa membangun bangunan semegah ini. Selain itu teknik sambungan antar batu Candi Borobudur menurutnya sangat unik, satu batu dengan batu yang lain bisa saling mengunci dan memperkuat.

 

Related Posts