Kunjungan Presiden Ceko ke Candi Borobudur

 Berita

Minggu (08/07/12) Presiden Republik Ceko, Vaclav Klaus berkunjung ke Candi Borobudur, dia menilai bahwa candi yang dibangun sekitar abad ke-8 ini lebih hebat daripada Piramida di Mesir.

Menurutnya bangunan Candi Borobudur lebih kompleks, rumit dan sangat sempurna.

Presiden ceko datang beserta ibu Negara Ceko Livia Klausova di dampingi Menteri Pemuda dan Olah raga (Menpora) Andi Mallarangeng di Borobudur sekitar jam 14.00. Vaclav Klaus mengaku sangat mengagumi Candi Borobudur yang menurutnya lebih hebat dari pada Piramida di Mesir. “Bangunan Candi Borobudur ini lebih rumit dan kompleks dari pada Piramida” kata Andi Mallarangeng menirukan pernyataan Presiden Ceko.

Bangunan yang sejak tahun 1991 masuk menjadi warisan Budaya Dunia ini memiliki bentuk yang sempurna, serta pahatan-pahatan di dindingnya yang sangat artistik dan rumit. “ Bagaimana sekitar 1000 tahun yang lalu orang membuat bangunan sebesar ini, padahal belum ada peralatan untuk merancangnya dan bagaimana memastikan bentuk segi empat yang begitui sempurna,” tambahnya. Andi Mallarangeng mengungkapkan bahwa salah satu alasan Presiden Ceko ke Candi Borobudur karena 18 tahun yang lalu pernah berkunjung ke Indonesia tetapi hanya di Jakarta dan tidak sempat ke Candi Borobudur.

Selain kunjungan ke Candi Borobudur Vaclav Klaus juga melakukan kunjungan ke Candi Prambanan dan ke Kraton Yogyakarta. Presiden Ceko dijadwalkan akan bertemu dengan presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada hari Senin (09/07/12)di Jakarta.

Related Posts