Kunjungan Putra Mahkota Kerajaan Norwegia

 Berita

Rabu (28/11/12) Putra Mahkota Kerajaan Norwegia, Haakon Magnus dan Putri Mette Marift berkunjung ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Dalam kunjungannya Haakon Magnus dan Putri Mette Marift mengaku sangat takjub dan terkesan dengan bangunan dan relief Candi Borobudur.

 

Rombongan tiba sekitar pukul 17.00 disambut oleh pejabat Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang, Balai Konservasi Borobudur dan PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko. Selama Kunjungan Putra Mahkota Kerajaan Norwegia dipandu oleh staf dari Balai Konservasi Borobudur, Mura Aristina.

Pangeran Haakon Magnus dan Putri Mette Marift mengaku sangat kagum dan senang berkunjung ke candi peninggalan dinasti Syailendra ini, menurut mereka bangunan ini sangat indah dan banyak cerita-cerita yang menarik pada relief-relief candi. Mereka juga nampak sangat menikmati panorama di sekitar candi yang nampak anggun di senja hari.

Diakhir kunjungan mereka sempat berbincang-bincang dengan Kepala Balai Konservasi Borobudur Drs. Marsis Sutopo M.Si mengenai pengelolaan candi. Mereka menanyakan berapa jumlah personel untuk memelihara candi yang begitu besar ini karena menurut Putra Mahkota Kerajaan Norwegia ini pasti dibutuhkan personel yang sangat banyak untuk melestarikannya. Menurut Drs. Marsis Sutopo M.Si di Balai Konservasi Borobudur ada sekitar 100 personel yang terbagi dari tenaga pengamanan, pemeliharaan, peneliti dan tenaga-tenaga lainnya.

 

Related Posts