Kunjungan Raja Swedia ke Borobudur

 Berita

Rabu (01/02/12) Raja Swedia Carl XVI Gustaf berkunjung ke Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dalam kunjungannya tersebut, Carl XVI Gustaf yang juga Ketua Kehormatan World Scout Foundation mengaku kagum akan kemegahan Candi Borobudur yang dibangun sekitar abad 8 oleh Dinasti Syailendra.


Carl XVI Gustaf datang di pelataran Candi Borobudur sekitar pukul 13.30 didampingi Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo dan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng. Rombongan diterima langsung ole h Kepala Balai Konservasi Peninggalan Borobudur, Drs. Marsis Sutopo, M.Si dan diantar oleh petugas dari BKP Borobudur berkeliling candi.

Namun sebelum menaiki candi Carl XVI Gustaf meminta kepada para wartawan untuk menunggu di bawah karena dia ingin menikmati, dalam arti lebih menghormati kemegahan Candi Borobudur. dia sangat kagum dengan keindahan relief Candi Borobudur sehingga sempat bertanya untuk apa candi ini dibangun. Petugas BKP Borobudur menjelaskan bahwa dulunya Candi Borobudur digunakan sebagai media pembelajaran mengenai kehidupan, dengan melihat dan memahami relief-relief candi hingga mencapai kesempurnaan.

Selain itu Carl XVI Gustaf juga menanyakan dampak letusan Gunung Merapi 2010 dan penanganan pasca letusan.

Setelah satu jam berkeliling candi, rombongan meninggalkan Candi Borobudur untuk melanjutkan acara ke Yogyakarta.

Related Posts