Kunjungan SMA Garuda Cendekia

 Berita

Kamis (26/03/15) Rombongan siswa SMA Garuda Cendekia Jakarta melakukan kunjungan studi dan budaya 2015 di Balai Konservasi Borobudur.

Para siswa ingin melihat lebih dekat bagaimana upaya pelestarian yang selama ini telah dilakukan untuk pelestarian Candi Borobudur.

 

Rombongan diajak berkeliling di Studio Sejarah dan Restorasi Candi Borobudur untuk mengetahui upaya para pendahulu dalam pemugaran Candi Borobudur yang kedua. Para siswa diperlihatkan berbagai kerusakan yang terjadi sebelum dilakukan pemugaran, bagaimana kebocoran yang terjadi di dinding-dinding candi hingga kemelesakkan beberapa bagian candi.

Berbagai upaya dilakukan pada pemugaran yang kedua agar Candi Borobudur mampu terjaga lebih lama. Beberapa bagian candi harus dibongkar agar struktur candi bisa kembali seperti semula. Para siswa kemudian diperlihatkan sejumlah peralatan yang dulunya digunakan pada pemugaran yang kedua seperti alat ukur, alat pendokumentasian hingga peralatan laboratorium.

Kunjungan studi dan budaya diakhiri dengan melihat secara langsung berbagai kegiatan pelestarian di Candi Borobudur, mereka diperlihatkan proses pembersihan lumut dan algae yang setiap hari dilakukan oleh staf BK Borobudur.

Related Posts