Kunjungan Symposium On East Asian Security (SEAS)

 Berita

Sabtu (01/09/12) Balai Konservasi Peninggalan Borobudur mendapat kunjungan peserta Symposium On East Asian Security (SEAS). Kunjungan ini untuk memperoleh informasi mengenai manajemen bencana yang dilakukan BKP Borobudur ketika terjadi bencana letusan Gunung Merapi 2010 silam, yang berdampak pada Candi Borobudur.

SEAS merupakan lembaga yang mengurusi penanggulangan bencana wilayah Asia Timur, seperti Selandia Baru, Australia, Jepang, Amerika, India, Nepal serta negara – negara lainnya. Peserta SEAS yang terdiri dari 30 Pejabat militer dari 25 negara beserta staf dari BKP Borobudur mendiskusikan perihal mitigasi bencana terutama penanganan bencana Gunung Merapi.

Di Candi Borobudur para peserta SEAS diperlihatkan secara langsung penanganan yang telah dilakukan BKP Borobudur. beberapa lantai candi terpaksa harus dibongkar untuk membersihkan abu vulkanik Gunung Merapi yang masuk ke dalam system drainase Candi Borobudur, sehingga ketika pembersihan dilakukan beberapa bagian candi Borobudur terpaksa ditutup untuk umum.

Salah satu peserta SEAS dari Nepal memuji kelestarian Candi Borobudur, dia mengatakan relief- relief Candi Borobudur sangat indah dan terawat. Dia juga mengatakan bahwa cerita yang terdapat di relief Candi Borobudur sama dengan cerita Buddha yang ada di negaranya, seperti cerita di taman Lumbini tempat kelahiran Budhha.

Related Posts