Kunjungan Thai Museum Association

 Berita

Senin (13/08/12) Balai Konservasi Peninggalan Borobudur mendapat kunjungan dari Thai Museum Association sebuah organisasi para pengelola museum di Thailand.

 

Kunjungan mereka ke Candi Borobudur merupakan salah satu agenda dalam lawatan ke Indonesia, selain Borobudur mereka juga berkunjung ke Candi Prambanan, Yogyakarta, dan Bali.

 

Rombongan Thai Museum Association di sambut oleh kepala BKP Borobudur Drs. Marsis Sutopo, M.Si, beliau mengucapkan selamat datang dan berharap semoga kunjungan mereka saat ini bisa memberikan manfaat.

Bertempat di ruang sidang BKP Borobudur rombongan kemudian di berikan paparan mengenai konservasi, restorasi, dan monitoring yang selama ini dilakukan untuk melestarikan Candi Borobudur. keberadaannya di alam terbuka sangat rentan mengalami kerusakan dan pelapukan sehingga monitoring dilakukan untuk sedini mungkin mengatasi pemasalahan yang terjadi.

Setelah beri paparan mereka diajak berkunjung ke Studio Restorasi Candi Borobudur dimana dalam studio tersebut disimpan berbagai koleksi pada saat kegiatan restorasi berlangsung. Rombongan dari negeri gajah putih ini sangat antusias melihat berbagai peralatan yang dulu digunakan untuk kegiatan pemugaran Candi Borobudur tahun 1973-1983.

Para rombongankemudian diajak ke Candi Borobudur, mereka diperlihatkan kegiatan-kegitan yang sedang dilakukan di atas candi oleh BKP Borobudur seperti pembenahan kebocoran candi. kegiatan penanganan sangat penting dilakukan untuk mengatasi bocornya air di sela-sela batu candi yang keluar melalui relief candi dan air yang keluar akan mengikis relief candi.

 

Related Posts