Kunjungan Thai Special Library di Borobudur

 Berita

Sabtu (26/05/11) perpustakaan Balai Konservasi Peninggalan Borobudur mendapat kunjungan dari para pustakawan dari negeri gajah putih Thailand.

 

Para pustakwan yang tergabung dalam Thai Special Library melakukan kunjungan untuk melihat koleksi yang miliki oleh perpustakaan BKP Borobudur dan sistem yang digunakan dalam pengelolaan koleksi perpustakaan.

 

Rombongan diterima oleh Kepala Seksi Pelayaanan Teknis Iskandar M. Siregar, S.Si yang lansung diantar ke perpustakaan. Pustakawan BKP Borobudur Siti Yuanisa, A.Md menjelaskan bahawa koleksi di perpustakaan ini di dominasi mengenai buku-buku kepurbakalaan, koleksi laporan pemugaran dan kajian-kajian yang telah dilakukan di BKP Borobudur.

Siti Yuanisa, A.Md juga menjelaskan bahwa pengelolaan perpustakaan tidak hanya dilakukan secara konvensional namun telah tersedia web site khusus perpustakaan www.lib.konservasiborobudur.org yang dapat diakses langsung penguna dari luar. Tercatat hampir 3000 pengunjung yang memanfaatkan web site tersebut setiap bulannya.

Setelah dari perpustakaan, para rombongan diajak ke Studio Sejarah Restorasi Candi Borobudur

untuk melihat koleksi peralatan pada saat pemugaran candi Borobudur yang kedua tahun 1973-1983. Banyak koleksi peralatan pemugaran seperti peralatan dokumentasi, laboratorium dan artefak yang di temukan di sekitar candi Borobudur.

Rombongan melanjutkan kunjungan ke Candi Borobudur ditemani beberapa staf dari BKP Borobudur namun beberapa pustakawan yang berusia lanjut memutuskan untuk menunggu dibawah karena merasa tidak kuat untuk naik kepuncak candi.

Related Posts