Kunjungan Wakil Perdana Menteri Turki Di Borobudur

 Berita

pmhungaria

Sabtu (05/03/16) Wakil Perdana Menteri (PM) Turki, Numan Kurtulmus beserta rombongan melaksanakan kunjungan ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Numan begitu terkesan dengan kemegahan arsitektur peninggalan Raja Samaratungga dari dinasti Syalilendra ini.

Numan beserta rombongan datang ke Candi Borobudur di sela-sela lawatan ke Yogyakarta bersama Duta Besar Turki untuk Indonesia Zekeria Akcam. Numan berkeliling Candi Borobudur didampingi staf dari Balai Konservasi Borobudur melihat relief yang terukir di dinding candi.

Numan pun tampak serius memperhatikan penjelasan mengenai sejarah candi Buddha terbesar di Indonesia itu dan menyimak penjelasan mengenai cerita yang ada di relief candi.

“Saya antusias, senang sekali dengan cerita yang ada di Candi Borobudur. Tempat ini sangat menarik,” ujar Numan.

selain itu Wakil PM Turki ini menilai sistem drainase atau saluran air yang berada di dalam Candi Borobudur sudah sangat baik. Sistem tersebut dinilai cukup mendukung untuk candi Borobudur dari beberapa masalah, seperti kelembaban dan keausan.

Dia juga mengungkapkan kekagumannya terhadap kedamaian kehidupan di sekitar Candi Borobudur. Menurutnya, candi ini merupakan tempat ibadah umat Buddha, namun berada di tengah masyarakat yang mayoritas memeluk agama Islam.

“Keduanya justru berdampingan, saling menjaga kerukunan masyarakat sekitarnya. Sampaikan salam perdamaian untuk seluruh rakyat Indonesia,” kata dia.

Related Posts