Kunjungan Walikota Sakai ke Borobudur

 Berita

Senin (29/10/12) Walikota Sakai Osami Takayama melakukan kunjungan ke kantor Balai Konservasi Borobudur.

Kunjungan wallikota asal Jepang tersebut untuk mempelajari manajemen warisan dunia yang telah diterapkan di Candi Borobudur.

Ditemui kepala Balai Konservasi Borobudur Drs. Marsis Sutopo, Msi, Walikota Sakai menjelaskan bahwa berencana akan mengajukan ke UNESCO, obyek pemakaman kaisar Jepang yang ada di kota tersebut menjadi warisan dunia. Dalam penyusunan rencana tersebut terdapat beberapa kendala sehingga mereka mencoba mencari informasi mengenai pengelolaan warisan dunia, salah satunya di Candi Borobudur yang sejak tahun 1991 telah menjadi warisan dunia.

Menanggapi hal tersebut Drs. Marsis Sutopo, Msi menyambut baik kedatangan mereka dan akan berusaha memberikan informasi yang mereka butuhkan. Beliau memberikan penjelasan mengenai pengelolaan warisan dunia terutama mengenai hal pelestarian candi. Untuk menunjang pelestarian Candi Borobudur selalau dilakukan monitoring baik terhadap candi maupun kawasannya, dan hal tersebut menjadi salah satu poin penilaian dari UNESCO layak atau tidak Candi Borobudur dipertahankan statusnya sebagai warisan dunia.

Kunjungan walikota Sakai ini merupakan kunjungan walikota Jepang yang kedua setelah sebelumnya walikota dari Kamakura datang pada bulan mei 2012, untuk mempelajari hal yang sama. Kedua kota di Jepang tersebut berencana mangajukan obyek yang mereka miliki menjadi warisan dunia.

 

Related Posts