Lakukan Perbaikan Kebocoran, Dinding Candi Dibongkar

 Berita

Akibat terjadinya kobocoran di beberapa dinding candi Borobudur, sejak Hari Selasa (06/09/11) dilakukan upaya pembongkaran terhadap dinding candi.

Hal ini dilakukan untuk memperbaiki lapisan pada batuan penyusun dinding karena dikhawatirkan akan terjadi pelapukan pada batuan candi akibat rembesan air.

Koordinator Kelompok Kerja Pemeliharaan BKP Borobudur Nahar Cahyandaru, S.Si menjelaskan bahwa penyebab utama terjadinya pelapukan pada batuan adalah air, hal tersebut sudah dipahami sejak awal dibangunnya candi dengan membuat saluran-saluran air.

“Sejak awal dibangun, Candi Borobudur telah dilengkapi dengan saluran-saluran air dan disempurnakan oleh Van Erp dengan menambahkan mortar pada sela-sela batu untuk membatasi air yang masuk, hal ini menjadi perhatian utama karena air dari dulu diketahui menjadi faktor utama kerusakan dan pelapukan batu” ungkap Nahar.

Pada pemugaran Candi Borobudur yang kedua dibuat perencanaan untuk menanggulangi masalah air dengan membuat beberapa layer atau lapisan di dalam bagian candi, namun di beberapa lokasi pada lapisan dinding masih mengalami kebocoran. Dinding tersebut berada pada sisi utara candi lorong dua atau pagar langkan 3 bidang C, D, E, dan F juga pada sisi selatan candi lorong 3 atau pagar langkan 4 bidang I dan J

Nahar menjelaskan kebocoran itu bisa diakibatkan oleh berbagai faktor seperti pergerakan bangunan, gempa, dan human error pada pemugaran terdahulu sehingga air yang seharusnya melewati saluran drainase malah merembes pada dinding candi padahal konsep pemugaran yang kedua, dinding candi harus terisolasi dari air. Beberapa lapisan timah hitam (lead) yang digunakan untuk melindungi dinding candi ditemukan berlubang, sambungannya tidak sempurna, dan tidak menutup batuan secara merata sehingga air tetap merembes pada batuan dinding.

Proses pembongkaran akan berlangsung selama 75 hari kerja sejak tanggal 6 september kemarin dan dikerjakan oleh pihak ketiga. Dalam pengerjaan nanti akan melalui beberapa tahapan yaitu dokumentasi, pengujian lokasi kebocoran, pembongkaran, perbaikan layer yang bocor, pemasangan timah hitam yang baru, perbaikan saluran drainase, dan pengembalian batu.

Untuk itu kami meminta maaf kepada para pengunjung Candi Borobudur karena mengganggu kenyamanan kunjungannya, dan untuk kami berpesan agar berhati-hati ketika berada di dekat lokasi pembongkaran.

Related Posts