MAHASISWA MEMBERSIHKAN CANDI BOROBUDUR

 Berita

Relawan yang tergabung dalam mahasiswa Jurusan Arkelogi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta hari ini 3 Januari 2010, ikut serta membersihkan Candi Borobudur.

Koordinator relawan Ganes menyebutkan pada kesempatan ini rombongan yang ikut sekitar 15 orang dan siap untuk membersihkan candi. Berbekal peralatan yang telah dibawa yaitu kuas dan sikat dari kampus serta beberapa peralatan tambahan dari kantor Balai Konservasi Peninggalan Borobudur.

Setelah diterima secara resmi oleh Pimpinan, selanjutnya para relawan yang didampingi oleh Hari Setyawan, S.S Arkeolog Balai Konservasi Peninggalan Borobudur menuju ke Candi Borobudur. Setelah mendapat arahan dan beberapa petunjuk, para relawan dari mahasiswa tersebut diberi kesempatan untuk membersihkan relief pada lorong 1 sisi Barat Candi Borobudur.

 

Perlahan tapi pasti mereka membersihan relief pada dinding Candi Borobudur yang akan berlangsung selama 1 hari penuh, karena esok hari meraka harus mengikuti ujian di kampus meraka.

Mereka mengaku senang bisa ikut serta dalam pembersihan candi. Selain belajar banyak tentang pemeliharaan candi, meraka juga bisa sambil menikmati kemegahan obyek wisata Candi Bororodur ini.

Sementara itu secara umum kondisi Candi Borobudur saat ini berangsur pulih setelah pekerjaan pembersihan abu vulkanik yang menyelimutinya selesai dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, sehingga Candi Borobudur telah dapat dimanfaatkan kembali. Saat ini Balai Konservasi Peninggalan Borobudur akan melanjutkan pekerjaan perawatan Candi Borobudur untuk mempertahankan State of Conservatioan warisan budaya dunia tersebut.

Related Posts