Meditasi Richard Gere di Borobudur

 Berita

Senin (27/06/11), Aktor Hollywood Richard Gere melakukan meditasi di Arupadhatu, lantai teratas Candi Borobudur,

meditasi ini merupakan bagian dari tur spiritual yang dijalaninya. Richard Gere datang sekitar pukul 05.00 WIB dengan mengenakan baju gelap berkerah dan membawa tas selempang kecil warna cokelat yang biasa dibawa para biksu bersama istrinya Carey Lowell dan anaknya Homer Jigme Gere.

 

Sebelum meditasi di lantai Arupadathu, Richard Gere dikalungi sebuah kalung Amulet Takrut dari biksu Terawada asal Thailand, Ip Chiam Nien. “Kalung itu sebagai perlindungan untuk dia,” kata Biksu Badaruci asal Indonesia yang ikut memandu acara meditasi Richard. Ada tujuh biksu yang ikut menemani meditasi Richard Gere dan keluarganya.

Richard Gere memulai meditasi di lantai sepuluh Candi Borobudur, untuk menjaga ketenangan dan privasinya meditasi dijaga ketat petugas. Setelah itu dilanjutkan ritual peace walk (jalan damai), berkeliling menyusuri lantai demi lantai sambil mengamati dan menghayati cerita yang tergambar dalam relief Borobudur. Acara ini berlangsung kurang lebih satu jam.

Menurut Dirjen Pemasaran Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Sapta Nirwandar kunjungan Richard Gere bisa menambah citra baik Indonesia di mata dunia. Ia menuturkan, selama ini orang Amerika khawatir masalah keamanan saat berkunjung ke Indonesia. “Dia orang Amerika yang punya rasa khawatir untuk datang ke Indonesia. Tapi, semoga dengan kedatangan dia, banyak juga penggemarnya yang datang ke Indonesia,” katanya. Beliau juga menambahkan akan menawarkan kepada Richard Gere sebagai duta wisata Indonesia.

Sebelumnya pada Minggu malam (26/06/11) Richard Gere menyaksikan pementasan sendratari Mahakarya Borobudur di panggung terbuka Aksobya, sebelah timur Candi Borobudur. dia merasa terkesan dan sangat menikmati penampilan tarian kolosal yang diperagakan oleh sekitar 150 penari itu. Usai pementasan, dia menyempatkan diri untuk naik ke atas panggung untuk menyapa para penari dan penabuh gamelan.

Related Posts