Mengapa kita harus melestarikan warisan budaya? 

 Info Budaya

oleh: Sheila Ayu Rachmadiena (mahasiswa Arkeologi UGM)

Indonesia adalah negeri yang terkenal kaya akan budaya. Budaya yang bermacam-macam tersebut merupakan salah satu kekuatan yang juga sekaligus menjadi karakteristik bangsa Indonesia. Salah satu bentuk budaya yang bisa kita lihat adalah tinggalan budaya dari masa lalu yang berbentuk fisik. Tinggalan budaya dari masa lalu ini dapat menjadi jembatan bagi kita untuk mengetahui kehidupan saat itu dan juga nilai-nilai luhur yang dianut nenek moyang kita. Dengan mengetahui masa lalu, kita bisa menyongsong masa depan yang lebih baik. Bahkan dengan satu tinggalan budaya dari masa lalu, kita bisa mempelajari banyak hal. Kita bisa mengambil contoh dari salah satu warisan budaya dunia di Indonesia, yaitu Candi Borobudur. Candi Borobudur adalah sebuah mahakarya dan seni monumental Buddhis. Dari Borobudur kita dapat mengetahui konsepsi Buddhis dari candi beserta reliefnya serta mengetahui kehidupan di masa lalu dari penggambaran relief. Selain itu, Candi Borobudur dapat mengajarkan kita tentang toleransi dan juga kearifan lokal.

Tidak akan ada habisnya jika kita harus menjabarkan berbagai ilmu yang bisa kita dapat dari Candi Borobudur. Tetapi poin penting yang dapat kita ambil adalah kita harus bisa menjaga warisan budaya agar pengetahuan-pengetahuan di dalamnya dapat dilihat buktinya, bukan merupakan dongeng belaka, dan juga untuk menjaga karakteristik bangsa Indonesia. Memang leluhur kita sudah sudah membangun tinggalan-tinggalan tersebut dengan teknologi dan ide yang sedemikian rupa, tetapi karena umurnya sudah perpuluh-puluh dan bahkan beratus-ratus tahun, tinggalan tersebut menjadi rapuh dan rawan untuk rusak. Padahal tinggalan warisan budaya jumlahnya terbatas sehingga tidak ada duanya dan juga tidak bisa kita buat kembali, bahkan sebagian dari mereka merupakan sebuah mahakarya.

Melestarikan warisan budaya bisa dimulai dengan hal kecil seperti menjauhi larangan di sekitar warisan budaya, tidak merusak obyek, dan menjaga lingkungan sekitarnya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kita juga bisa melestarikannya dengan mencari tahu nilai-nilai yang terkandung didalamnya dan menyebarluaskan pengetahuan tersebut. Kalau bukan kita yang menjaga warisan budaya, siapa lagi?

Salam pewaris budaya bangsa!

Related Posts