Meniti Jejak Peradaban 2012

 Berita

Untuk kembali menumbuhkan rasa cinta dan bangga akan budaya Indonesia yang kian hari mulai luntur Balai Konservasi Peninggalan Borobudur menyelenggarakan Meniti Jejak Peradapan 2012

untuk siswa-siswi sekolah dasar. Dalam acara yang bertemakan ”Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia” ini, para siswa diajak berkunjung ke situs-situs peninggalan purbakala yang ada di indonesia dan dibekali pengetahuan mengenai sejarahnya.

 

Kegiatan meniti jejak peradaban ditujukan untuk mengembangkan wawasan para siswa terutama bidang kebudayaan. Beberapa peninggalan purbakala yang tersebar di nusantara seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Mendut merupakan salah satu bukti kejayaan kebudayaan nenek moyang bangsa Indonesia yang hingga kini bisa dinikmati bersama.

Dengan kunjungan tersebut kepekaan diri para siswa dilatih dengan menumbuhkan rasa memiliki dan bangga akan budaya yang mereka punya, sehingga nantinya akan tergerak untuk mempelajari melindungi bahkan memelihara kebudayaan yg mereka punya.

Ketua Panitia Kegiatan Isni Wahyuningsih S.S mengatakan bahwa dalam acara Meniti Jejak Peradaban ini mengkolaborasikan penjelasan materi dan kunjungan langsung ke lapangan sehingga diharapkan daya serap para siswa dalam memahami kebudayaan terutama mengenai peninggalan purbakala yang ada di Indonesia akan lebih baik.

Kunjungan akan dilaksanakan selama dua hari 14-15 Mei 2012 di beberapa situs purbakala seperti Candi Borobudur, Mendut, Pawon, Ngawen, Gana, Lumbung, Pendem, dan Situs Manusia Purba Sangiran. Mereka sebelumnya dibekali materi ”Sungguh Hebat Nenek Moyangku” oleh Jujun Kurniawan, SS dari Jurusan Arkeologi UGM.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang yang terdiri dari siswa-siswi dan guru SD serta perwakilan instansi yang terkait.

Related Posts