Mitigasi Bencana di Candi Pawon

 Berita

Sebagai langkah Mitigasi Bencana untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan dari bencana alam, Balai Konservasi Borobudur melakukan ujicoba pemasangan penutup candi di Candi Pawon, Senin (24/03/14).

Penutup candi di Candi Pawon menggunakan bahan terpaulin dari Jerman yang sama dengan penutup stupa dan lantai di Candi Borobudur.

Pemasangan penutup di Candi Pawon berbeda dengan penutup yang ada di Candi Borobudur. Di Candi Pawon penutup candi menggunakan kerangka untuk menyokong terpal yang dipasang. Bentuknya seperti tenda besar untuk menutup semua bagian candi sekaligus.

Koordinator Kelompok Kerja Pemeliharaan Yudi Suhartono mengatakan bahwa penggunaan rangka dalam rancangan penutup Candi Pawon untuk menghilangkan beban terpal agar tidak langsung membebani candi.

Yudi mengatakan bahwa dengan ujicoba pemasangan ini akan dijadikan evaluasi apakah penggunaan rangka efektif digunakan. “Pemasangan penutup candi di Candi Pawon cukup memakan waktu dan tenaga sehingga hal ini akan dijadikan bahan evaluasi dan dasar awal untuk rancangan yang lebih efektif” Ungkap Yudi.

 

Related Posts