Monitoring Candi Borobudur, Candi Mendut, dan Candi Pawon Pascagempa Ciamis

 Berita

Senin (27/07/2015) Pascagempa yang terjadi pada hari Sabtu 25 Juli 2015 111 km sebelah Tenggara Ciamis, Jawa Barat, Balai Konservasi Borobudur

 

 

melakukan monitoring stabilitas struktur candi dan bukit Borobudur, Candi Mendut dan Candi Pawon untuk melihat kondisi terakhir ketiga candi. Gempa bumi Ciamis yang berkekuatan 5,7 Skala Richter dengan kedalaman 10 km terjadi pada pukul 04.44 WIB. Gempa bumi yang dirasakan hingga Candi Borobudur dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap stabilitas struktur candi dan bukit Borobudur, Candi Mendut, dan Candi Pawon. Tim monitoring melaukan beberapa pengamatan melalui beberapa parameter yaitu pengukuran kemiringan dinding, pengukuran deformasi horizontal, pengukuran deformasi vertikal, pengukuran accelerometer Candi Mendut dan pengamatan secara visual.

 

Dari hasil yang diperoleh dari monitoring yang telah dilakukan tingkat stabilitas struktur baik Candi Borobudur, Candi Mendut dan Candi Pawon relatif stabil sehingga belum diperlukan penanganan secara khusus pascagempa Ciamis.

 

Related Posts