Pameran Bersama Warisan Dunia

 Berita

Menyongsong ‘Visit Jawa Tengah 2013’, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Balai Konservasi Borobudur, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah, dan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran menggelar Pameran Bersama Warisan Budaya Dunia di Hall Atrium Arjuna Plaza Simpang Lima Semarang. Pameran berlangsung selama lima hari  8 hingga 12 November 2012.

Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi istimewa di Indonesia karena memiliki tiga warisan dunia benda (tangible) dan tiga warisan dunia bukan benda (intangible) yang telah diakui oleh UNESCO. Warisan dunia tersebut adalah Candi Borobudur, Candi Prambanan, Situs Manusia Purba Sangiran, Wayang, Keris dan Batik.

Balai Konservasi Borobudur sebagai penanggung jawab pelestarian Candi Borobudur akan menampilkan sejarah Candi Borobudur dari masa ke masa, mulai dari penemuan kembali Candi Borobudur,  Pemugaran I, Pemugaran II, hingga saat ini. Selain itu juga akan menampilkan beberapa kegiatan pelestarian Candi Borobudur.

Isni Wahyuningsih, S.S salah satu tim Pameran dari Balai Konservasi Borobudur menuturkan bahwa dengan adanya Pameran Bersama Warisan Dunia akan lebih memperkenalkan warisan budaya bangsa yang telah menjadi warisan budaya dunia dan menumbuhkan kecintaan terhadap warisan leluhur sehingga muncul rasa memiliki dan turut serta dalam upaya pelestarian.

Dalam pameran Pameran Bersama Warisan Dunia pihak penyelenggara juga menggandeng Museum Wayang Wonogiri, Museum Wayang Banyumas, Museum Tosan Aji Purworejo, Paseban Risang Aji Purworejo, Paguyuban Pecinta Batik Indonesia Bokor Kencana, dan Cluster Batik Semarang.

 

Related Posts