Pelatihan Fotografi Cagar Budaya Tingkat Dasar

 Berita

 

Balai Konservasi Borobudur kembali menyelenggarakan Pelatihan Fotografi Cagar Budaya Tingkat Dasar selama 4 hari 25-28 Juni 2013.

Pelatihan diikuti 25 peserta yang berasal dari Unit Pelayanan Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan, dinas daerah yang mengelola cagar budaya dan PT. Taman Wisata Candi Borobudur.

Pelatihan Fotografi Cagar Budaya Tingkat Dasar mencoba memberikan pengetahuan dasar mengenai fotografi terutama kamera DSLR, selain itu juga pengetahuan mengenai prinsip-prinsip arkeologis ketika mengambil gambar benda-benda cagar budaya.

Kepala BK Borobudur Drs. Marsis Sutopo, M.Si mengatakan pelatihan fotografi ini sebagai langkah awal regenerasi tenaga pendokumentasian cagar budaya karena tenaga-tenaga yang lama telah purna tugas. Beliau merasa prihatin dengan tenaga pendokumentasian cagar budaya saat ini yang dirasa telah jauh dari prinsip-prinsip arkeologi. Pelatihan ini diharapkan bisa menjadi jembatan pengetahuan bagi  tenaga-tenaga pendokumentasian yang relatif masih baru dalam pengaplikasian ilmunya pada cagar budaya.

Para peserta pelatihan fotografi pengetahuan mengenai  Kebijakan Pelestarian Cagar Budaya, Pengantar cagar budaya, Pengantar Pendokumentasian Cagar Budaya, Pengetahuan  Dasar Kamera, Pengetahuan Dasar Lensa, Perintah Dalam Kamera, Komposisi Dasar Foto, Skala Foto, Pengelolaan Arsip Foto, Praktek Operasional Kamera DSLR Dan Lensa, Praktek Fotografi  Cagar Budaya,  Diskusi, Presentasi dan Evaluasi.

Pelatihan Fotografi Cagar Budaya Tingkat Dasar akan dilanjutkan dengan Pelatihan Fotografi Cagar Budaya Tingkat Menengah yang rencananya akan dilaksanakan pada tahun ini.

Related Posts