Pelatihan Konservasi Cagar Budaya Mahasiswa UI

 Berita

Kamis (18/01/12) Balai Konservasi Peninggalan Borobudur mengadakan Pelatihan Konservasi Cagar Budaya,

peserta dalam pelatihan ini adalah mahasiswa Universitas Indonesia dari Fakultas Arkeologi. Pelatihan Konservasi Cagar Budaya berlangsung selama 3 hari, 18- 20 Januari 2012.

 

Rombongan diterima langsung oleh Kepala Seksi Pelayanan Teknis Balai Konservasi Peninggalan Borobudur Iskandar Mulia Siregar S.Si. dan memberikan penjelasan tentang tugas dan fungsi dari BKP Borobudur. Dalam usaha pelestarian cagar budaya, BKP Borobudur membutuhkan beragam disiplin ilmu bukan hanya ilmu arkeologi, namun juga membutuhkan dukungan ilmu-ilmu yang lain seperti biologi, kimia, fisika, arsitektur, geografi dan disiplin ilmu lainnya

 

Para mahasiswa diberi beberapa paparan materi mengenai upaya pelestarian cagar budaya seperti Undang-undang Cagar Budaya sebagai payung hukum pelaksanaan pelestarian cagar budaya, pengantar konservasi, konservasi kawasan, warisan budaya dunia dan beberapa materi lain.

 

Mahasiswa UI ini juga diajak melakukan praktek lapangan di Candi Borobudur untuk mengetahui upaya-upaya penanganan permasalahan konservasi secara langsung. Selain itu mereka juga melakukan praktek di laboratorium BKP Borobudur untuk mempelajari beberapa hal yang dilakukan Balai dalam mengkonservasi cagara budaya. Dihari terakhir dilanjutkan dengan sesi tanya jawab mengenai permasalahan konservasi cagar budaya, pemeliharaan candi, dan penanganannya.

 

Related Posts